Minggu, 22 September 2013

Membuat Alat Destilasi Sederhana


Alat
1.       Tang
2.       Gergaji besi
3.       Palu
4.       Paku
5.       Pisau
6.       Kabel roll

Bahan
1.       Selang diameter 0.25 inchi, panjang 1.5 meetr.
2.       Botol kaca bekas
3.       Mesin sedot aquarium
4.       Pipa besi bekas paying diameter 0.25 inchi
5.       Ember
6.       Lem plastic steal
7.       Lem silicone
8.       Kaleng bekas
9.       Pentil motor 3 buah
10.   Tongkat bekas

Cara Kerja
1.       Semua alat dan bahan disiapkan.
2.       Kaleng bekas dilubangi sebanyak 4 lubang. Lubang pertama dibagian tutup kaleng, lubang kedua pada dasar kaleng, 2 lubang lainnya pada letak yang berlainan. Lubang pertama dan kedua harus sejajar.
3.       Masing-masing pentil motor dipasangkan pada lubang. Kemudian kencangkan dengan tang. Untuk mempermudah pemasangan pentil motor, dibuka terlebih dahulu tutup kalengnya.
4.       Setelah selesai, kaleng ditutup kembali dan jangan lupa pinggir tutup kaleng diberikan lem silicone secara merata. hal ini bertujuan agar antara tutup dengan kalengnya dapat tertutup dengan rapat yang mana nanti pada saat diisi air tidak ada kebocoran.
5.       Pipa bekas payungdengan ukuran ± 0.25 inchi dipotong dengan gergaji besi sepanjang ± 30 cm
6.       Pipa dimasukan pada bagian dua lubang kaleng yang sejajar (tutup & dasar kaleng)
7.       diberikan lem pada kedua ujung pipa dengan menggunakan lem plastik stel secara merata dan dibiarkan beberapa menit hingga lem itu mongering
8.       Bagian tutup pada botol kaca dilubangi menggunakan paku, kemudian dipasangkan pentil motor dengan rapat menggunakan tang.
9.       Selang dengan panjang 1,5 meter dipotong dengan menggunakan pisau dengan ukuran ± 50cm, ± 20cm, ± 30 cm serta ±10 cm ,
10.   selang dengan panjang ±50 cm dipasang pada pentil yang terdapat pada tutup kaleng, ujung selang dimasukan ke dalam ember. Selang ini berperan sebagai saluran air pendingin keluar
11.   selang dengan panjang ± 20cm dipasang pada pipa payung yang terdapat pada tutup kaleng.
12.   Bagian ujung selangnya dipasangkan ke pentil yang terdapat ditutup botol kaca.
13.   Botol kaca berfungsi sebagai wadah untuk destilat
14.   Selang dengan panjang ± 10 cm dipasang pada pipa payung yang terdapat pada dasar kaleng
15.   Pada bagian ujungnyadisalurkan untuk tempat destilat  (pemasangan selang dan pipa sangatlah sulit dan untuk mempermudahnya maka selang dibakar beberapa detik)
16.   Selang dengan panjang ± 30 cm dimasukan pada pentil yang terdapat dibagian dasar tabung dan ujungnya dimasukan pada saluran pengeluaran air yang terdapat pada alat penyedot aquarium ( pada pemasangan ini diberi karet pada ujung selang sehingga selang dapat masuk pada mesin aquarium )
17.   Selang ini berfungsi sebagai saluran masuk air ke pendingin yang berupa kaleng. Penyedot aquarium ini dimasukan dalam ember yang telah berisi air.
18.   Setelah semuanya terpasang pada pentil dan pipa, bagian tutup botol dan kaleng diberilan lem silikone secara merata. Hal ini untuk memastikan agar tidak ada gas dan air yang keluar pada saat proses distilasi .

19.   Kemudian semua alat dipasangkan pada klem yang dijepit pada statif sesuai dengan photo di atas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar